Tuesday, June 25, 2013

TIPS CARA BELAJAR BAHASA INGGRIS

Di masa globalisasi ini, kemampuan memahami bahasa inggris adalah suatu keharusan yang mutlak. Kita membutuhkan untuk memahami berbagai istilah asing dalam kehidupan/kegiatan kita sehari-hari. Namun banyak pula dari kita yang seringkali merasa sulit untuk mempelajarinya. Lantas apa yang dapat kita lakukan? Berikut ini adalah beberapa tips singkat yang saya harap bisa membantu!

 

1.  Mengikuti kursus atau les 


Saya rasa, cara yang paling mudah sekaligus paling banyak ditempuh sebagian besar orang. Saya sendiri pernah mengikuti beberapa kursus dan les untuk mendalami kemampuan berbahasa inggris saya. Belajar lewat kursus memiliki beberapa keuntungan, diantaranya kita dapat langsung bertanya kepada guru pembimbing kita manakala ada sesuatu yang tidak kita pahami. Belajar dengan seorang pembimbing / mentor dapat membuat kita lebih terarah saat belajar. 

Selain itu kita juga bisa belajar bersama teman-teman kita di les. Daripada belajar sendiri tentu belajar bareng teman sambil sesekali mengobrol dan bercanda lebih mengasikkan bukan? (asal jangan lupa belajarnya, haha) Kita juga bisa bertanya kepada teman yang sudah lebih mengerti atau membagi ilmu kita kepada teman yang masih belum memahami. Tentu saja ada beberapa kekurangannya, kita perlu biaya tambahan untuk mengikuti kursus dan belajar sesuai jadwal kursus terkadang memberikan beban ekstra buat kita. Kadang kita terlalu lelah untuk ikut kursus atau terpaksa melewati beberapa pertemuan karena ada urusan lain.

2.  Membaca buku-buku berbahasa inggris


Buku bahasa inggris disini bukan maksudnya kamus bahasa inggris melulu yang dibaca. Ada banyak buku-buku menarik yang menggunakan bahasa inggris sebagai pengantarnya. Contoh yang paling gampang novel, di beberapa toko buku kadang edisi inggris dari novel keluar lebih dulu sebelum versi terjemahannya beredar. Nah, daripada lama-lama menunggu versi terjemahannya bukankah lebih enak kalau bisa mengerti versi inggrisnya agar bisa membaca lebih dulu. Memang beberapa istilah bahasa yang digunakan agak susah, dan kita seringkali harus bolak-balik buka kamus untuk mencari artinya. Tapi cobalah dulu dengan buku-buku cerita singkat yang memakai bahasa yang lebih sederhana. Bila sudah dikuasai sedikit demi sedikit bacalah buku dengan tingkat kesulitan yang lebih tinggi dari sebelumnya. Lama-lama anda bisa lancar membacanya tanpa harus repot-repot membuka kamus.

3.  Menonton film berbahasa inggris


Cara ini juga bisa menjadi alternatif untuk belajar bahasa inggris sekaligus memahami pelafalan dan pengucapan bahasa inggris secara tepat. Coba aktifkan subtitle bahasa inggris dari film tersebut, lalu coba anda baca sambil mengikuti filmnya. Sedikit demi sedikit coba pahami arti subtitle tersebut dengan menghubungkan antara yang tertulis di layar dengan situasi yang tengah terjadi dalam film. Lama-lama anda akan mulai terbiasa dan memahami arti secara garis besar dialog yang tengah terjadi. Untuk bisa memahami lebih detil lagi artinya tentu anda bisa memakai kamus sebagai pemandu anda.

Lalu kalau anda sudah merasa lebih jago, cobalah menonton film tersebut tanpa memakai subtitle. Ikutilah film tersebut hanya dengan mendengarkan dialog yang diucapkan para tokoh-tokohnya. Tingkat kesulitannya memang lebih tinggi, tapi bila anda dapat menguasainya maka anda nantinya bisa memahami bahasa inggris saat tengan dipraktekkan dalam percakapan langsung. Hal lain yang patut untuk dicoba yakni memahami aksen dan pelafalan (atau cara mengucapkan bahasa inggtis) yang tepat saat tengah diucapkan oleh sang tokoh. Hal ini juga dapat membantu saat kita mencoba untuk memakai bahasa inggris untuk percakapan.

4.   Mendengar lagu-lagu bahasa inggris


Kalau yang ini pasti kita semua pernah lakukan. Tapi cara ini juga bisa berguna untuk belajar bahasa inggris. Coba anda ikuti lirik lagunya, secara tak langsung anda mencoba melafalkan bahasa inggris tapi dalam bentuk nyanyian. Anda juga bisa mencoba untuk mengartikannya coba bandingkan bagaimana arti liriknya dalam bahasa Indonesia. Tentu keuntungannya kita bisa belajar bahasa Inggris sambil menikmati alunan lagu kesukaan kita, tapi ada juga kelemahannya.  Penggunaan grammar atau tata bahasa seringkali diacuhkan dalam lagu karena alasan mencocokkan lirik dengan nada, bila kita perhatikan pasti ada beberapa kesalahan grammar dalam hampir semua lagu.

5.  Bermain game dengan bahasa inggris


Bicara soal bermain sambil belajar...tapi ini serius. Ok, memang terdengar konyol tapi bermain game bisa meningkatkan kemampuan berbahasa inggris anda? Sebagian besar game yang kita mainkan menggunakan bahasa inggris dan seringkali kita jumpai beberapa istilah yang mungkin tak kita mengerti. Bagaimana cara kita bisa tahu artinya? Mudah saja tinggal kita praktekkan dalam game dan lihat apa yang terjadi (yah, memang dalam beberapa kasus berisiko menghilangkan nyawa yang anda miliki dalam game...)  Atau seperti biasa dengan melihat kamus. Dalam game ada lebih dari 1 istilah sulit yang akan anda temui, terutama bila yang anda mainkan game-game online. Bukan maksud mau menyesatkan, kok. Tapi cara ini secara mengejutkan berhasil bagii beberapa orang, tentunya orang-orang yang bukan cuma sekedar mau bermain, tapi juga mau memahami istilah-istilah asing untuk meningkatkan kemampuan mereka. Jadi kalau anda suka main game jangan cuma dimainkan pahami juga bahasa inggrisnya, agar tak hanya sekedar membuang-buang waktu.

6.   Melakukan percakapan sederhana dengan teman


Tentu saja memahami teori saja belum cukup, anda harus mewujudkannya dalam praktek. Dan cara terbaik dan termudah melakukannya adalah dengan teman-teman anda. Coba bentuklah sebuah kelompok, dan bercakap-cakaplah menggunakan bahasa inggris. Tidak usah malu kalau grammar atau pelafalan anda masih kurang, namanya juga belajar bersama, justru tujuannya adalah untuk memperbaiki apa yang salah dari kemampuan kita dan mencoba untuk meningkatkannya. Dengan cara ini anda lama kelamaan akan terbiasa untuk bercakap-cakap sehari menggunakan bahasa inggris. Tentunya dampak positif yang sama bisa didapatkan oleh teman anda. Jadi mengapa tidak mencobanya?

I hope this can be helpful, see you next time!

No comments: