Sunday, June 9, 2013

HEWAN-HEWAN ANEH DAN TEREKSTRIM DI DUNIA

Dalam dunia fauna terdapat beberapa hewan-hewan aneh dan juga memiliki kemampuan ekstrim yang sulit dipercaya. Mulai dari udang yang dapat menyerang secepat peluru, ular "berkepala dua", hingga ikan yang mampu bersinar di kegelapan, dan masih banyak lagi. Berikut ini adalah beberapa dari mereka...


1. UDANG MANTIS - PUKULAN TERCEPAT DI PLANET

Udang kecil ini adalah pemangsa yang lebih mematikan dari yang anda kira!
Udang mantis mungkin berukuran kecil, tapi jangan remehkan udang kecil ini. Mereka mampu menghantamkan cakar mereka dengan akselerasi secepat peluru pistol kaliber 2,2. Cakar itu menyalurkan tenaga sebesar 60 kg, atau setara dengan hantaman sebuah palu. Sekali pukul mereka dapat meremukkan cangkang kerang, siput, dan bahkan dapat melukai manusia. Uniknya uji coba menggunakan kamera Slo-mo (gerak lambat) menunjukkan kalau pukulan yang mereka buat juga menghasilkan cahaya dan panas, yang mungkin turut meningkatkan daya perusak serangannya.

2. IKAN LELE GOONCH - LELE PEMAKAN MANUSIA

Ikan Monster, gambar di atas adalah pemancing ikan profesional, Jeremy Wade bersama sejumlah warga setempat berhasil menangkap si lele raksasa

Lele goonch merupakan salah satu ikan lele terbesar di dunia. Dengan panjang bisa mencapai 4 meter atau lebih, lele goonch memang bukan lele biasa. Yah, mungkin anda berpikir bisa menjadikan ikan lele raksasa ini sebagai pecel lele ukuran porsi super besar, tapi pikirkan lagi. Di sungai gangga, India dimana ikan-ikan ini hidup, mereka ternyata telah terbiasa memakan daging manusia yang dihanyutkan ke sungai tersebut. Beberapa bahkan tumbuh begitu besar, dan sempat ada laporan dari warga bahwa ikan ini kadang memangsa manusia!

3. ULAR KEPALA DUA - PENIPU CERDIK "BERMUKA DUA"

Coba tebak, mana kepala dan mana ekornya!
Sekilas, ular kepala dua dari India ini benar-benar memiliki dua kepala. Tapi sebenarnya kepalanya hanya satu dan baru ketahuan ketika ia menjulurkan lidahnya. "Kepala" yang satunya lagi sebenarnya adalah ekornya yang berbentuk mirip kepala dengan tujuan menipu hewan pemangsa. Untuk lebih meyakinkan, ekor ini kadang-kadang membuat gerakan mematuk seperti layaknya kepala asli. Dengan demikian kalaupun pemangsa menyerang ular ini mereka akan lebih mungkin menyerang ekor si ular daripada kepala aslinya.

4. TIKUS SHREW - TIKUS GANAS DENGAN GIGITAN BERACUN

Pemangsa menjadi mangsa, anda tidak salah lihat tikus ini sedang memakan ular !
Tikus shrew adalah sejenis pengerat kecil mirip cecurut yang hidup di Amerika Utara. Mereka memiliki metabolisme yang sangat cepat, yang membuat mereka tampak selalu hiperaktif dan selalu membutuhkan makanan tiap beberapa jam. Begitu pentingnya bagi metabolisme tikus ini, bila ia melewatkan satu saja makanannya mereka bisa mati kelaparan. Tikus ini mungkin kecil, tapi mereka adalah pemangsa yang ganas. Mulai dari serangga kecil, kalajengking bahkan ular menjadi mangsanya. Mereka juga memiliki gigitan yang mengandung racun untuk membunuh korbannya.

5. KELABANG RAKSASA - KELABANG TERBESAR DI DUNIA

 

Kelabang raksasa dari Amerika Selatan ini bukan sembarang kelabang sembarangan. Panjangnya saja mencapai 30 cm atau hampir sepanjang lengan anda. Makanannya? Serangga, kadal, tarantula, tikus, burung dan bahkan mereka bisa menangkap kelelawar yang tengah terbang di udara! Mereka juga beracun, biarpun tidak mematikan bagi manusia tapi dapat membuat rasa sakit yang amat perih. Selain itu meski sering dikatakan memiliki 100 pasang kaki, mereka aslinya hanya punya 46 pasang kaki.

6. IKAN PEMANAH - PENEMBAK JITU DARI BAWAH AIR

Pew, pew, pew! HEADSHOT!

Ikan pemanah yang sering dijumpai di sungai-sungai di Amerika Selatan ini telah belajar cara menembak jitu jauh sebelum manusia menemukan sniper atau senapan jarak jauh. Luar biasanya lagi mereka mampu mengatasi masalah pembiasan dari permukaan air yang membuat posisi mangsa aslinya berbeda dengan posisi yang dilihat ikan ini dari bawah. Ikan ini menembakkan "peluru" air dengan cara menelan air ke dalam mulutnya lalu menyemprotkannya ke arah mangsa di permukaan dengan kuat. Mangsanya yakni para serangga dan laba-laba tidak  berkutik menghadapi tembakan air ini dan jatuh ke mulut para ikan yang menanti di bawah.

7. BELUT LISTRIK - IKAN "500 VOLT" DARI AMAZON

Ikan ini cukup praktis kalau rumah anda sedang mati lampu
Pertama - tama, belut listrik sebenarnya bukan benar-benar belut. Mereka lebih berkerabat dekat dengan ikan lele. Tapi soal bagian "listriknya" itu jelas benar. Ikan ini mampu menyengat mangsa dengan kekuatan listrik sebesar 500 volt, cukup untuk melumpuhkan seorang manusia. Dan bagi mangsanya yakni ikan-ikan kecil, mereka akan mati seketika begitu tersentuh si belut listrik. Selain memakainya untuk membunuh korbannya, ikan ini juga menggunakan kemampuan menghasilkan listriknya untuk menavigasi jalannya di perairan amazon yang keruh, dengan cara mendeteksi medan listrik di sekitarnya.

8. TIKUS TANAH BERHIDUNG BINTANG - MAMALIA TERANEH

"Hi, semuanya"
Tikus tanah aneh, ini mungkin layak menyandang status mamalia teraneh di dunia. Hidung berbentuk bintangnya itu berguna untuk meraba jalannya di dalam tanah, hal ini karena tikus-tikus ini buta dan lagipula pengelihatan tidak akan berguna banyak di bawah tanah yang gelap. Hidung ini juga berguna untuk mencengkram mangsanya seperti cacing tanah dan serangga kecil yang hidup di bawah tanah.

9. CACING PARASIT - CACING PENGENDALI PIKIRAN

Bagaikan film horor fiksi ilmiah, si cacing mengambil alih kendali otak siput malang ini
Pada gambar diatas kita bisa melihat, ada pola aneh di ujung dari dua sungut/tentakel seekor siput. Sebenarnya hal itu berasal dari cacing parasit, yang telah mengambil alih tubuh si siput dan kini mengendalikan pikirannya. Bagaimana bisa? Pertama cacing parasit ini membiarkan dirinya termakan oleh si siput, kemudian dia akan mencari jalannya ke otak si siput kemudian mengambil alih kendali pikirannya. Setelah beberapa waktu mereka akan membuat tentakel si siput membengkak dan membuat pola aneh itu, kemudian membuatnya merangkak naik untuk menarik perhatian seekor burung pemangsa. Setelah burung itu memakan si siput, si cacing parasit akan berkembang biak dalam tubuh burung kemudian keluar dari kotoran si burung. Lalu membiarkan siput lain memakannya dan mengulangi semua proses itu dari awal....

10. IKAN ANGLER - PEMANCING BERCAHAYA DI KEDALAMAN

Ada yang ingat dia dari film "Finding Nemo"?
Di kedalam samudra, bukan kegelapan yang harus anda takuti melainkan 'cahaya' yang harus anda hindari. Ikan-ikan angler ini mengunakan cahaya yang disebut bioluminescent, yang terdiri dari bakteri-bakteri kecil yang berpendar, untuk menarik perhatian mangsanya. Begitu sudah dekat, mangsapun akan disambar dan dihabisi dengan gigi-gigi setajam silet. Uniknya lagi adalah cara berkembang biak mereka yang aneh. Ketika ikan jantan dan betina bertemu, si jantan akan menempelkan dirinya di tubuh si betina dan akan menyatukan tubuh mereka berdua. Dengan demikian si jantan dan betina akan tertempel selama masa hidup mereka. Hal ini dilakukan karena di laut dalam pasangan lawan jenis sulit sekali ditemukan, sehingga lebih baik memiliki pasangan yang terus menempel seumur hidup mereka sehingga tak perlu repot-repot mencari pasangan. Si betina akan mendapatkan pasangan yang selalu ada di sisinya sementara si jantan mendapatkan pasokan makanan dari tubuh si betina. Saya rasa itulah yang disebut 'cinta sehidup-semati'.

Alam kita memang luar biasa dan sulit dipercaya bukan? Dan bukan hanya mereka masih banyak lagi hewan-hewan aneh lainnya yang akan kita lihat dalam postingan selanjutnya. Semoga artikel ini bisa berguna, dan terima kasih telah berkunjung kemari!

No comments: