Saturday, June 1, 2013

PERILAKU-PERILAKU HEWAN MENAKJUBKAN!

Anda pasti sudah pernah melihat berbagai polah tingkah unik dan mengherankan dari para hewan, entah itu di kebun binatang atau acara-acara televisi. Tapi beberapa perilaku hewan berikut ini bukan sesuatu yang bisa anda lihat setiap hari di kebun binatang atau TV...


1. HIU PAUS PENYEDOT JARING


Sekelompok hiu paus di teluk Cendrawasih, Papua menemukan sebuah solusi cerdik sekaligus berisiko untuk mendapatkan mangsa. Mereka mengikuti para nelayan untuk kemudian menyedot ikan-ikan dari sela-sela jaring dengan mulut raksasa mereka yang selebar 1 meter. Para nelayan sendiri tidak mempersoalkan hal ini, sebab menurut mereka ikan-ikan raksasa ini dianggap membawa keberuntungan. Namun tetap saja cara makan ini, membahayakan hiu itu sendiri karena mereka dapat tersangkut pada jaring nelayan. Karena itu para nelayan di sana kini memodifikasi / merubah bentuk jaring mereka agar tidak menjerat sang hiu.

2. PERTARUNGAN SINGA VS KERBAU VS BUAYA


Seekor anak kerbau Afrika nyaris menemui ajalnya di cengkraman kawanan singa. Kawanan singa itu berhasil menjatuhkannya di tepian sungai. Namun ternyata apa yang bagi para singa seharusnya merupakan hari keberuntungan mereka menjadi sebuah pertarungan mematikan. Mendadak seekor buaya menyerang salah satu singa untuk merebut anak kerbau tersebut. Namun sang singa tidak menyerah begitu saja, ia balik menyerang dan memaksa si buaya itu mundur. Tapi sebelum para singa merayakan kemenangannya, kawanan si anak kerbau menyerbu para singa-singa itu dan menyelamatkan si kerbau kecil tersebut. Ajaibnya si anak kerbau hanya terluka ringan setelah semua itu.

 

3. MACAN TUTUL YANG MENGADOPSI ANAK BABOON


"Seganas-ganasnya macan ia tidak akan memakan anaknya sendiri", perumpamaan itu sebenarnya kurang tepat dalam kejadian ini. Tapi yang terjadi di sini lebih sulit dipercaya. Kru National Geographic berhasil menangkap adegan mengharukan dan sulit dipercaya ini. Si macan tutul betina baru saja membunuh seekor baboon betina, ketika ia menyadari ada bayi baboon kecil di pelukannya. Biasanya yang akan terjadi adalah adegan sadis dimana si macan tutul meremukkan kepala si bayi baboon, namun di sini yang terjadi si macan tutul membawa bayi baboon yang kini yatim itu ke atas pohon dan merawat serta melindunginya dari pemangsa lain. Sayang, keesokan harinya si bayi baboon tewas, akibat kedinginan karena ia tak didekap seperti biasa oleh ibu kandungnya.

4. CHEETAH PEMBURU BURUNG UNTA


Pada umumnya cheetah yang bertubuh ringan dibanding kucing besar lain, cenderung menargetkan hewan yang berukuran kecil seperti antelop atau anak rusa. Namun tidak demikian dengan 3 cheetah ini, mereka dikenal sebagai pemburu tangguh yang nekat mengambil risiko memburu hewan yang jauh lebih besar seperti burung unta ini. Mereka juga diketahui berburu zebra dan antelop berukuran sangat besar yang biasanya dihindari oleh cheetah biasa. Perburuan luar biasa ini berhasil difilmkan oleh kru BBC earth saat mengambil gambar di Kenya.

5. LUMBA-LUMBA YANG MEMBANTU NELAYAN


Lumba-lumba dan kecerdasannya tak pernah berhenti memukau kita. Di Venezuela, sekelompok lumba-lumba hidung botol telah belajar untuk bekerja sama dengan nelayan selama ratusan tahun. Pertama para lumba-lumba akan memberikan "sinyal bagi para nelayan untuk menggelar jaringnya, lalu para nelayan akan memasang jaring di tepi sungai. Setelah persiapan dilakukan para lumba-lumba akan menggiring mangsanya yaitu kawanan ikan mullet ke jaring para nelayan. Hal ini berdampak positif bagi kedua pihak, di satu sisi para nelayan mendapatkan ikan berkat kerja keras para lumba-lumba, sementara para lumba-lumba tertolong dengan adanya nelayan yang menghalau agar ikan-ikan itu tidak bisa kabur.

6. LELE PEMAKAN BURUNG

Ikan lele raksasa di Prancis mengembangkan strategi berburu merpati yang unik. Mereka mendamparkan diri mereka ke tepi kolam untuk menyergap burung merpati yang tengah minum atau beredam di tepian kolam, dan kemudian menyeret mereka ke dalam kolam dan memakannya. Ikan predator ini menggunakan kumis mereka yang sensitif untuk merasakan kehadiran burung di tepi kolam. Perilaku unik ini kebetulan mirip dengan paus pembunuh di Argentina yang berburu anjing laut dengan cara yang sama.

7. BADAK VS KERBAU


Kali ini dua petarung bertanduk dengan reputasi agresif saling berhadapan dalam pertarungan 1 lawan 1. Di satu sisi, seekor badak seberat 2 ton dengan cula tajam di ujung moncongnya. Sementara sang penantang dari sudut lain seekor kerbau afrika seberat 750 kg, dengan sepasang tanduk runcing dan perilaku ganas. Pertarungan pun dimulai! Kedua herbivora raksasa itu saling mengukur kekuatan lawannya dan saling mengintimidasi dengan ganas. Si kerbau mencoba untuk memberi perlawanan, namun badak dengan kulit tebal dan ukurannya yang lebih besar jauh lebih unggul. Sang badak dengan mudah menanduk si kerbau dan melemparkannya ke udara. Mata kiri sang kerbau tercongkelm dan ia pun tewas karena cedera parah yang dialaminya.
 

8. KADAL PENYEMBUR DARAH


Kadal berduri dari gurun Sonoran, Arizona di Amerika ini punya keunikan yang agak sedikit ekstrem. Mereka mengeluarkan darah dari...MATANYA, sebagai pertahanan diri! Bila mengeluarkan darah saja tidak cukup mengerikan, bayangkan menyemburkannya keluar dari mata anda. Cara ini ternyata efektif dalam mengusir musuh seperti anjing hutan dan kucing liar yang sering berburu di gurun itu. Mereka tidak tahan dengan darah kadal tersebut yang berbau tidak enak dan menjijikan.

9. KEJAR-KEJARAN PENGUIN DAN ANJING LAUT

Kegigihan dan tekad pantang menyerah dapat merubah nasib anda. Hal inilah yang terjadi bagi seekor penguin saat ia tengah dikejar oleh seekor singa laut raksasa yang kelaparan. Baik si singa laut maupun si penguin sama-sama tidak biasa berlari di darat. Namun untuk bertahan hidup segala cara akan ditempuh! Si penguin berkali-kali tertangkap oleh si singa laut, namun berkali-kali pula si penguin berhasil lepas dari sang pemangsa. Pada akhirnya saat ia tertangkap untuk yang ketiga kalinya, semuanya seperti sudah berakhir buat si penguin. Namun untuk sesaat perhatian si singalaut teralihkan dan si penguin pun berhasil meloloskan diri ke laut!

10. 30 HORNET VS 30.000 LEBAH MADU


Dalam adegan pertarungan epik ala film "300", 30 ekor hornet jepang raksasa menyerang sarang lebah madu yang berisi 30.000 ekor lebah yang siap mengorbankan nyawanya untuk mempertahankan sarang. Namun musuh mereka kali ini adalah tawon terbesar di dunia dan yang paling berbahaya dari semua. Hornet jepang ini kebal terhadap sengatan lebah-lebah madu yang aslinya berasal dari Eropa. Para lebah madu ini tak pernah menghadapi pemangsa seperti ini di tempat asalnya. Meskipun memiliki jumlah yang lebih unggul, tetapi mereka kalah persenjataan. Biarpun sulit dipercaya, tapi dalam 3 jam koloni lebah madu berjumlah puluhan ribu itu dibantai nyaris tak bersisa oleh kawanan hornet yang hanya berjumlah 30 ekor!



Tuhan telah menciptakan alam dengan berbagai pesona dan kejutan yang tak terbayangkan oleh kita sebelumnya. Bukankah luar biasa bila kita pikirkan, tanpa sepengetahuan kita ada berbagai kejadian sulit dipercaya lainnya terjadi di alam setiap hari...

Sudah sepatutnya kita melestarikan alam kita yang menakjubkan ini. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan sampai jumpa dalam postingan selanjutnya!

No comments: