Friday, August 8, 2014

NOSTALGIA CORNER - SERIAL ANIMASI DC UNIVERSE

Sebelum Hollywood "rajin" memproduksi film-film bertema superhero tiap tahun, para pahlawan super telah lebih dulu mencuri perhatian pemirsa televisi melalui serial animasinya...


Salah satu perusahaan hiburan yang paling sering memproduksi cerita-cerita dan karakter superhero yang paling terkenal adalah DC. DC telah memproduksi cerita komik tentang karakter-karakter superhero paling populer yang pernah ada seperti Superman, Batman, Wonder Woman, The Flash, Green Lantern dan banyak lagi. Karena kepopulerannya, Warner Bros Animation mengadaptasi karakter superhero komik tersebut dalam serial kartun. Serial kartun ini diproduseri oleh Bruce Timm dan penulis Paul Dini. 

Saya rasa sebagian dari anda juga mungkin sudah pernah menyaksikan serial ini di televisi. Dulunya serial ini tayang di TV7 (sekarang berganti nama menjadi Trans 7) sekitar tahun 2000-an awal dan pertengahan. Saya sendiri saat itu masih di bangku sekolah dasar ketika pertama kali menyaksikannya, dan hingga kini saat saya sudah kuliah serial kartun ini masih meninggalkan kenangan tersendiri sebagai salah satu kartun terbaik yang pernah saya tonton. Premis kisah superhero yang menyelamatkan dunia jelas menjadi daya tarik utama buat saya kala itu untuk menontonnya. Baru-baru ini pun saya menyempatkan untuk menonton ulang kartun ini dan harus saya akui ternyata serial ini bahkan lebih baik dari yang pernah saya kira. Jalan ceritanya yang serius dan dewasa, serta latar belakang dan watak karakternya yang unik, membuatnya tidak lekang oleh waktu.




The Beginning - Batman the Animated Series (5 September 1992-1995)




Petualangan di dunia serial kartun DC dimulai dengan serial Batman the Animated Series. Serial ini mengisahkan bagaimana miliuner kota Gotham, Bruce Wayne menjadi Batman sebagai wujud balas dendamnya atas kematian orang tuanya di tangan kriminal. Dikisahkan saat pertama kalinya menjadi Batman, Bruce harus menhadapi bukan saja para kriminal kelas kakap dari kota Gotham tapi juga pihak kepolisian yang mencurigai aksi vigilante (jagoan jalanan)-nya sebagai tindak kriminal. Namun seiring waktu, Batman memperoleh kepercayaan petinggi kepolisian Komisioner James Gordon, dan pada akhirnya seluruh anggota polisi yang lain.

Meski demikian tugas Bruce/Batman tetap tidak mudah, ia harus menghadapi beberapa kriminal paling berbahaya yang musuh bebuyutannya, seperti The Joker, Poison Ivy, Ra's Al Ghul, Two Face, Cat Woman, The Riddler, Mr.Freeze dan banyak lagi. Belum lagi keberadaan gang kriminal dan mafia yang menguasai kota dan korupsi yang merajalela di Gotham. Untungnya menghadapi musuh-musuh tersebut Batman juga dibantu oleh rekan-rekannya yakni pelayan kepercayaannya Alfred Pennyworth, serta partnernya dalam berkaksi yakni Robin dan Batgirl. Serial ini dianggap sebagai yang terbaik dari keseluruhan DCAU, dan karena kepopulerannya dibuat sekuelnya yang berjudul The New Batman Adventures



Expanding the Universe - Superman the Animated Series (6 Sept 1996 -2000)




Melanjutkan kesuksesan serial Batman, pihak Warner Bros Animation membuat kartun baru mengenai karakter superhero ikonik lainnya, Superman. Kisah sang manusia super yang berasal dari planet Krypton ini pasti sudah tidak asing bagi kita. Sama seperti pendahulunya serial animasi Superman memiliki jalan cerita yang cenderung lebih serius dan dewasa. Di serial ini dikisahkan bagaimana Superman yang bernama asli Kal-El diadopsi oleh sepasang suami istri sederhana Jonathan dan Martha Kent yang kemudian membesarkannya dengan nama Clark Kent. Seiring waktu Clark menyadari bahwa dirinya memiliki kekuatan spesial melebihi manusia biasa. Dan pada akhirnya kedua orangtua angkatnya menjelaskan identitas asli Clark.

Ketika beranjak dewasa Superman/Clark Kent berpindah ke kota Metropolis dan bekerja sebagai seorang reporter di kantor The Daily Planet. Tapi disana ia harus menghadapi para penjahat super yang berniat jahat atas kota itu dan lebih lanjut seluruh dunia. Mulai dari Miliuner licik Lex Luthor, alien kejam Darkseid, dan super komputer yang bertanggung jawab atas kehancuran planet Krypton : Brainiac, dan masih banyak lagi. Superman pada akhirnya harus menerima takdirnya sebagai pria yang harus menyelamatkan dunia dari kehancuran. Serial ini juga memperkenalkan sejumlah superhero lain yang kelak akan menjadi rekan Superman seperti Wonder Woman, The Flash, Aquaman, Green Lantern, Martian Manhunter, Hawkgirl, dan tentu saja Batman.


The Future - Batman Beyond (10 Januari 1999 - 2001)



Judul yang satu ini mungkin agak asing bagi sebagian dari anda. Jujur saya sendiri tidak ingat apa serial yang satu ini pernah tayang di TV Indonesia. Tapi jangan khawatir serial ini juga tidak kalah seru. Batman Beyond bersetting 50 tahun di masa depan. Kota Gotham kini telah menjadi Neo Gotham yang futuristik. Namun ada satu yang menghilang, dari kota Gotham masa depan tersebut : Batman. Rupanya Bruce Wayne karena masalah kesehatannya seiring dengan usianya yang sudah lanjut memutuskan pensiun menjadi Batman. Bukan hanya itu masalah jantung yang dialaminya saat menjadi Batman rupanya memaksa Bruce memakai senjata untuk melawan penjahat, dan baginya hal itu telah melanggar prinsipnya untuk tidak pernah membunuh penjahat.


Namun seorang pemuda bernama Terry McGinnis ternyata bersedia menggantikan posisi Bruce dan menjadi Batman di kota Gotham yang baru yang rupanya masih dikuasai oleh kriminal berbahaya. Terry rupanya memiliki masa lalu yang kelam seperti Bruce. Ayahnya tewas terbunuh oleh penjahat sama seperti Bruce. Akhirnya demi kembali menegakkan keadilan di Gotham, Bruce setuju untuk melatih Terry menjadi Batman baru di kota Gotham. Dalam petualangannya sebagai Batman, Terry akan menghadapi musuh-musuh baru dan beberapa musuh lama Batman yang masih hidup. Beberapa kali Batman Beyond mendapatkan episode cross-over (perpaduan) dengan serial Justice League yang tayang kemudian.


Assemble - Justice League & Justice League Unlimited (17 November 2001 - 2006)




Sebelum Marvel mengeluarkan film Avengers mereka, DC dan WB Animation sudah lebih dulu merilis serial dimana para superhero bergabung dalam sebuah tim pembela kebenaran untuk menyelamatkan dunia. Berawal dari terjadinya penyerangan Alien di bumi, Batman dan Superman beserta dengan Martian Manhunter seorang superhero dari planet Mars, mengumpulkan para superhero lainnya dan membentuk sebuah tim yang diberi nama Justice League. Dengan 7 anggota asli (Superman, Batman, Martian Manhunter, Wonder Woman, Green Lantern, The Flash, dan Hawkgirl) dan bertambah dengan anggota-anggota baru, Justice League menjadi garis pertahanan utama bumi melawan alien dan penjahat super yang mengincar bumi.

Tapi tugas tidak mudah, lantaran kemudian para penjahat super juga membentuk tim mereka sendiri sebagai tandingan Justice League. Serial ini terdiri dari 52 episode ditambah dengan 39 episode dari Justice League Unlimited dan menjadi penutup dari DC Animated Universe.

Bagaimana? Tertarik untuk menonton serial ini lagi bagi anda yang sudah pernah menyaksikannya, atau bagi anda yang belum pernah ingin mencobanya? Sayangnya kemungkinan serial ini tidak akan tayang lagi di televisi, setidaknya tidak dalam waktu dekat. Tapi tenang saja anda bisa menemukannya dengan mudah di berbagai situs streaming kartun dan juga situs file hosting seperti Indowebster atau versi file Torrent di Internet.

1 comment:

zenoabila said...

Sugarboo extra long digital titanium styler
The titanium fat bike Sweet Chocolate Habanero is a sweet blend of habanero peppers, organic cane sugar, aldehydes and organic dental implants distilled vinegar. With head titanium tennis racket an extra titanium legs high-p thinkpad x1 titanium