Tenses adalah bentuk dari kata kerja (verb) yang menunjukkan waktu suatu tindakan dalam kalimat bahasa Inggris, misalnya waktu lampau, sekarang atau akan datang. Bahasa Inggris terdiri dari 3 pembagian waktu yakni past (lampau), present (sekarang), dan future (masa depan). 3 pembagian waktu ini kemudian dirinci agar menjadi lebih spesifik.
1. PAST TENSE
a. Simple Past Tense
Kapan dipakai : Saat menjelaskan peristiwa di masa lalu tanpa ada keterangan secara spesifik.
Struktur : Subjek + V2 + Objek
Contoh : I wrote a letter.
* Saya telah menulis sebuah surat
b. Past Continous Tense
Kapan dipakai : Saat menjelaskan perisitiwa yang sedang terjadi di masa lalu, yang terjadi bersamaan dengan kejadian lain.
Struktur : Subjek + was / were + Verb-ing + Objek
Contoh : He was eating an apple, when i called him.
* Dia sedang memakan apel, ketika aku memanggilnya
(Perhatikan bahwa kejadian yang memotong memakai past tense)
c. Past Perfect Tense
Kapan dipakai : Saat menjelaskan kejadian yang telah selesai dilakukan, yang kemudian diikuti oleh sebuah kejadian lain.
Struktur : Subjek + Had + Verb 3 + Objek
Contoh : He had finished his homework, before i called him last night.
* Dia sudah menyelesaikan PR-nya, sebelum aku memanggilnya semalam.
d. Past Perfect Continous Tense
Kapan dipakai : Saat menjelaskan suatu kejadian yang sedang berlangsung di masa lalu dan kemudian dipotong kejadian lain (seringkali disertakan dengan keterangan durasi / rentang waktu)
Struktur : Subjek + Had + Been + Verb-Ing + Objek
Contoh : They had been living in Indonesia for 10 years when the riot happened.
* Mereka telah hidup di Indonesia selama 10 tahun ketika kerusuhan itu terjadi.
2. PRESENT TENSE
a. Simple Present Tense
Kapan dipakai : Saat menjelaskan kejadian yang terjadi di masa sekarang tanpa adanya keterangan lebih lanjut yang spesifik
Struktur : Subjek + Verb 1 + Objek
Contoh : I eat an ice cream.
* Saya memakan es-krim
b, Present Continous Tense
Kapan dipakai : Saat menjelaskan suatu kejadian di masa sekarang yang sedang / masih terjadi.
Struktur : Subjek + tobe + Verb-ing + Objek
Contoh : I was cleaning the plates right now.
* Saya sedang membersihkan piring-piring saat ini.
(Tense ini seringkali diikuti dengan keterangan waktu sekarang seperti now, at the moment, at present)c. Present Perfect Tense
Kapan dipakai : Menjelaskan sebuah kejadian yang telah berlangsung sejak dulu dan kini sudah selesai.
Struktur : Subjek + Has / Have + Verb 3 + Objek
Contoh : I have read this magazine already
* Saya telash selesai membaca majalah ini.
d. Present Perfect Continous Tense
Kapan dipakai : Kejadian sebenarnya telah terjadi di masa lalu namun masih berlanjut sampai ke masa sekarang.
Struktur : Subjek + Has / Have + Been + Verb-Ing + Objek
Contoh : I have been reading this book since last week.
* Saya telah membaca buku ini sejak minggu lalu.
(Tense ini selalu diikuti oleh since atau penggunaan keterangan durasi / rentang waktu lainnya)
3. FUTURE TENSE
a. Simple Future Tense
Kapan dipakai : Menjelaskan suatu kejadian yang akan terjadi di masa yang akan datang namun tidak spesifik.
Struktur : Subjek + Shall / Will + Verb 1 + Objek
Contoh : I will watch the film with my friends tomorrow.
* Aku akan menonton film itu bersama teman-temanku besok.
b. Future Continous Tense
Kapan dipakai : Menjelaskan kejadian yang akan sedang terjadi pada waktu yang spesifik
Struktur : Subjek + Shall / Will + Verb 1 + Objek
Contoh : I will be eating at the restaurant tomorrow at 12 a.m.
* Aku akan makan di restoran besok jam 12.
c. Future Perfect Tense
Kapan dipakai : Kejadian yang akan selesai dilakukan di masa yang akan datang
Struktur : Subjek + Will Have + Verb 3 + Objek
Contoh : I will have sent the letter tomorrow by 8 a.m.
* Aku harus mengirim surat ini besok pada pukul 8.
d. Future Perfect Continous Tense
Kapan dipakai : Menjelaskan suatu kejadian yang diperkirakan akan berlangsung di masa mendatang.
Struktur : Subjek + Will Have + Been + Verb-ing + Objek
Contoh : He will have been coming to the school by 7 a,m for 5 hours.
* Dia harus datang ke sekolah pukul 7 selama 5 jam.
No comments:
Post a Comment