Saturday, June 8, 2013

REVIEW - "SHINGEKI NO KYOJIN" KETIKA MANGSA MELAWAN PEMANGSA

Manusia adalah pemangsa terkuat di bumi, makhluk dengan kepintaran terbesar dan mampu untuk menaklukkan alam dan segala penghuninya. Tapi dalam dunia 'Shingeki no Kyojin', ada pemangsa baru yang (nyaris) memusnahkan umat manusia...


KETIKA MANUSIA MENJADI MANGSA

    Cerita berawal dari 100 tahun yang lalu, di dunia muncul sekelompok raksasa berwujud mirip manusia yang disebut "Kyojin" (Titan, atau secara harafiah disebut 'raksasa'). Monster-monster dengan tinggi belasan atau bahkan puluhan meter ini menyerang manusia di seluruh dunia. Jumlah mereka sedemikian banyak dan mereka juga begitu kuat sampai-sampai umat manusia hampir punah. Manusia yang tersisa pada akhirnya hidup dibalik perlindungan tembok-tembok raksasa yakni tembok Maria, tembok rose dan tembok Sina, serta berusaha untuk membangun kembali peradaban yang mereka hancur, dari awal.

HARI YANG MERUBAH SEGALANYA...


     Namun ketika manusia mengira mereka pada akhirnya sudah aman, muncullah 'Kyojin' raksasa setinggi 60 meter yang dengan kekuatan dashyatnya berhasil meruntuhkan tembok pelindung tersebut. Akibatnya para Kyojin berukuran kecil pun menyerbu masuk ke balik dinding dan sekali lagi meporak-porandakan kehidupan manusia. Salah satu korban di hari itu adalah keluarga dari Eren Jaeger dan Mikasa Ackerman. Ketika kota mereka diserang, ibu mereka terjebak di reruntuhan rumah mereka. Eren dan Mikasa tidak mampu menyelamatkan ibu mereka, dan lebih tragisnya lagi harus menyaksikan ibu mereka dimakan hidup-hidup oleh salah satu Kyojin. Semenjak itu Eren pun bersumpah akan membalas dendam dan membunuh semua kyojin di bumi.

KEKUATAN TERSEMBUNYI

       
     5 tahun berlalu, Eren dan Mikasa kini bergabung dalam skuad khusus yang ditugaskan untuk bertarung melawan titan. Mereka belajar menggunakan 3-D Manuever Gear, yang digunakan sebagai perlengkapan untuk melawan titan bersama dengan para rekrut lainnya. Mereka juga belajar mengenai bagaimana cara untuk melawan para kyojin dengan persenjataan yang mereka miliki. Namun tidak lama setelah kelulusan mereka dari pelatihan mereka harus menghadapi musuh lama: sang kyojin raksasa. Monster itu kali ini menyerang sebuah daerah yang disebut "Distrik Trost" dimana Eren dan Mikasa tengah ditugaskan. Pertarungan antara para raksasa dan manusia pun kembali dimulai.


      Namun meski semua pelatihan yang telah mereka terima, para kyojin terbukti masih sangat kuat. Skuad Eren, sendiri menjadi korban keganasan para monster-monster tersebut. Satu per-satu teman-teman mereka dimangsa oleh para kyojin. Salah satu teman Eren, Armin menyaksikan dengan ngeri kejadian tersebut. Salah satu kyojin mendadak mencengkram dan nyaris menelannya, namun ia diselamatkan oleh Eren yang sudah terluka parah akibat pertarungan dengan para kyojin. Sayang sebelum meloloskan diri Eren justru ditelan oleh kyojin dan oleh teman-temannya dikira tewas.

     Tetapi Eren berhasil selamat, dan di dalam perut kyojin itu ia membuat penemuan yang mengejutkan manakala ia bertemu beberapa korban kyojin yang masih hidup di dalam perutnya. Hal tersebut memancing kemarahan Eren, dan tanpa diduga-duga ia berubah wujud menjadi Titan! Ia pun keluar dari perut monster itu dan dengan kekuatan barunya ia pun mengamuk. Ketika ia kembali menjadi normal , Eren tidak bisa mengingat apapun. Namun hal itu membuatnya dicurigai oleh teman-temannya sebagai mata-mata Titan. Bagaimana bisa hal tersebut terjadi? Nah inilah yang menjadi salah satu misteri dari serial ini. Untuk mengetahuinya anda harus menyaksikan dulu serialnya.
  
PRODUKSI
        Serial ini pertama kali mengudara di channel Jepang MBS, diproduksi oleh Wit Studio. Animenya diangkat dari serial manga / komik jepang yang berjudul sama dan masih berjalan sampai sekarang. Serial ini menggunakan opening song berjudul "Guren no Yumiya", yang dinyanyikan oleh Linked Horizon dan ending song berjudul "Utsukuskiki Zankoku no Sekai", yang dinyanyikan oleh Yoko Hikasa. Linked Horizon juga direncanakan akan menyanyikan opening song kedua yang akan dirilis untuk serial ini. 

IT'S A CRUEL, MYSTERIOUS WORLD...

       'Dunia itu kejam', begitulah yang menjadi tema utama serial ini. Selain harus menghadapi kekejaman para titan, manusia juga menjadi ancaman bagi satu sama lain. Hal ini terbukti dengan adanya perdagangan budak yang mengintai sewaktu-waktu dan pemerintah yang berusaha menutup-nutupi kenyataan soal dunia luar dari masyarakat dengan segala cara. Untuk bertahan hidup, manusia sebagai makluk yang lemah harus bertarung untuk mendapatkan kembali posisinya sebagai makluk dominan di bumi. Mereka harus mampu melawan hukum alam dimana yang kuat mengusai yang lemah, dan merubah takdir mereka dari mangsa menjadi pemangsa.


         Dunia ini juga menyimpan berbagai misteri. Salah satu yang terbesar berasal dari Kyojin itu sendiri. Para monster ini sebenarnya bertahan hidup lewat kekuatan sinar matahari bukannya lewat dagin manusia seperti yang mulanya disangka. Anehnya mereka hanya memakan manusia dan tidak mau memangsa hewan lain. Lebih aneh lagi adalah wujud fisik mereka yang sama sekali tak punya organ reproduksi. Darimana sebenarnya para kyojin itu berasal? Bagaimana mereka bisa bertambah banyak begitu cepat dan dalam jumlah sangat besar, sampai bisa nyaris memusnahkan manusia? Bagaimana Eren bisa memiliki kekuatan Kyojin? Mengapa para kyojin membunuh manusia secara membabi buta padahal tidak mendapatkan keuntungan apapun dari perilaku itu? Dimanakah sebenarnya latar cerita ini berlangsung, apakah benar-benar berlatar di bumi setelah "kepunahan" manusia atau mungkinkah hal ini terjadi di dunia yang berbeda? Apakah para kyojin memang betul-betul telah memusnahkan semua manusia di luar dinding pelindung? Sampai sekarang pertanyaan-pertanyaan ini masih belum terjawab.

PENILAIAN
 
STORY              : 9/10
ANIMATION      : 8,5/10
SOUNDTRACK : 8,5/10
OVERALL          : 9/10

        Bukan untuk mereka yang berhati lemah atau penonton yang sensitif, itu yang harus saya katakan pertama kali soal acara ini. Banyak adegan-adegan sadis dan miris sepanjang serial ini khususnya di episode pertama dengan kematian ibu Eren dan Mikasa. Namun bagi anda yang menyukai serial action dengan drama penuh ketegangan, inilah anime yang harus anda tonton. Serial anime ini juga memiliki kualitas animasi yang sangat baik dan juga soundtrack dramatis yang menggugah suasana sekaligus menciptakan atmosfer "kolosal" pada saat yang sama. Penokohan dari tiap-tiap karakter juga cukup baik dimana masa lalu kelam para protagonis digali kembali khususnya terhadap tokoh Mikasa dan Eren. Saat ini sudah ada 9 episode yang dirilis, direncanakan season 1-nya akan berjumlah 25 episode ditambah lagi dengan sebuah OVA. Anda bisa menyaksikan streaming legalnya menggunakan subtitle bahasa inggris di Cruchyroll.com, atau bisa juga mencari di beberapa situs blog indonesia untuk versi subtitle indonya.

No comments: