Tuesday, May 21, 2013

MEMBACA PIKIRAN LEWAT BAHASA TUBUH # 1 - APA ITU BAHASA TUBUH?

Terkadang kita begitu penasaran untuk mengetahui apa yang ada dalam isi hati atau dipikirkan seseorang. Kita ingin tahu apakah kata-kata yang keluar dari mulutnya sungguh benar adanya atau hanya bohong belaka. Pernahkah terpikirkan oleh anda, bagaimana kalau anda bisa membaca pikiran orang lain di sekitar anda? Ternyata ada satu cara untuk melakukan hal tersebut, yakni lewat membaca bahasa tubuh.


Pertama-tama apa itu bahasa tubuh? Bahasa tubuh (Body Language) merupakan proses pertukaran pikiran dan gagasan dimana pesan yang disampaikan dapat berupa isyarat, ekspresi wajah, pandangan mata, sentuhan, artifak (lambang yang digunakan), diam, waktu, suara, serta postur dan gerakan tubuh.

Bahasa tubuh adalah komunikasi bersifat non verbal (tidak menggunakan kata-kata) dan merupakan bentuk komunikasi yang paling primitif dan muncul paling awal, jauh sebelum komunikasi bersifat verbal (menggunakan kata-kata) ditemukan.

Keunikan dari bahasa tubuh sendiri adalah bahasa tubuh tidak bisa direkayasa seperti komunikasi secara verbal. Mengapa bisa demikian? Hal ini karena saat sifat bahasa tubuh yang spontan dan merespon langsung pada apa yang ada dalam hati atau tengah dipikirkan seseorang pada saat komunikasi berlangsung. Biarpun mulut seseorang berkata lain, tetap saja didalam dirinya terjadi sebuah pergolakan batin dan hal ini tercermin lewat sikap bahasa tubuhnya.

Lalu bagaimana bahasa tubuh bisa membantu kita dalam kehidupan sehari-hari? Berikut ini adalah sebagian dari manfaatnya :
1. Semakin menegaskan maksud komunikasi yang kita lakukan
Bahasa tubuh mencerminkan emosi kita. Orang akan lebih tertarik dan yakin dengan maksud dan tujuan kita apabila kita menggunakan bahasa tubuh yang tepat saat sedang bicara. 

Contohnya : saat berbicara dengan teman mengenai suatu perisitiwa gembira, apabila anda turut menunjukkan ekspresi anda seperti mengerakkan tangan menunjukkan excitement (kegembiraan) atau tersenyum, maka orang itu akan lebih bersimpati pada
kita, dibandingkan kalau kita tidak menunjukkan ekspresi sama sekali / datar.

2. Mensukseskan wawancara kerja
Dalam karir, kemampuan bekerja bukan satu-satunya kualifikasi untuk mendapatkan pekerjaan. Seorang atasan juga membaca bahasa tubuh calon pekerjanya. Dari ekspresi dan bahasa tubuhnya, seorang atasan akan menilai apakah orang ini layak atau tidak untuk diterima.
Sikap percaya diri dan sikap mantap pada pendirian menjadi hal utama yang paling dilihat oleh pewawancara kerja. Apabila pelamar kerja menunjukkan hal tersebut ada kemungkinan yang cukup besar bahwa ia akan lamaran pekerjaannya akan diterima.




3. Meningkatkan karir & mendapatkan pandangan baik dari atasan / rekan kerja 
Ekspresi tubuh yang halus namun tepat dapat memberikan kita sebuah imej atau pandangan yang baik rekan kerja dan atasan kita. Atasan juga tidak jarang akan memberikan promosi atau bonus bagi orang-orang yang menurut analisanya, merupakan pekerja yang tekun sekaligus menjanjikan kemajuan kinerja perusahaan.





4. Menghindarkan kita dari niat buruk seseorang

Mungkin manfaat terpenting dari kemampuan membaca bahasa tubuh adalah hal ini. Kebohongan, manipulasi, atau ajakan negatif seseorang dapat terbaca lewat bahasa tubuhnya, selihai apapun ia mempermainkan kata. Apabila kita dapat membacanya maka kita dapat menghindar dari jebakan licik orang-orang semacam itu








5. Meningkatkan keharmonisan dengan pasangan
Bagi anda yang memiliki pasangan, ada baiknya anda mulai memahami bahasa tubuh pasangan anda. Hal ini sangat penting, agar anda bisa semakin memahami perasaan pasangan anda, tentunya hal ini akan membuat hubungan anda lebih akur dan saling pengertian dengan pasangan anda.









Sekarang tentu anda mengerti mengapa memahami bahasa tubuh begitu penting. Meski demikian membaca bahasa tubuh tidak mudah, perlu kemampuan observasi yang jeli untuk mampu membaca sikap bahasa tubuh seseorang. Apalagi saat berkomunikasi langsung, terkadang kita hanya punya waktu sekilas untuk mendeteksinya. Sehingga perlu latihan untuk bisa sungguh memahami dan memanfaatkannya.


Untuk pembahasan lebih lanjut mengenai topik ini akan bersambung pada postingan selanjutnya. Terima kasih dan semoga informasi ini bisa membantu!

No comments: