Thursday, January 2, 2014

PERISTIWA DAN FAKTA UNIK DI PERAYAAN TAHUN BARU 2014

Selamat tahun baru 2014 semuanya! Lama saya sudah tidak mengurusi blog ini karena banyak urusan di kampus (haha maklum anak kuliahan baru). Dibalik kemeriahan dan gemerlap perayaan tahun baru 2014 ada sejumlah hal-hal unik yang terjadi baik disengaja atau tidak disengaja pada tahun baru ini. Berikut adalah sebagian dari peristiwa unik tersebut!

 1.)  SAMOA : NEGARA PERTAMA YANG MERAYAKAN TAHUN BARU 2014

"Jujur saja pasti banyak dari anda yang belum pernah mendengar soal negara ini, jadi saya memberikan sedikit bantuan untuk anda"

Menjadi yang pertama dalam suatu peristiwa tentunya menjadi kebanggaan tersendiri. Rasanya seperti memenangkan suatu perlombaan atau sesuatu semacam itu. Pernahkah terpikir negara mana yang pertama kali merayakan tahun baru? Pemberitaan pers memang seringkali mengatakan Australia sebagai negara pertama yang merayakan tahun baru 2014, tetapi situs worldtimeszone.com, yang menunjukkan perbedaan waktu di berbagai negara, rupanya adalah Samoa. 

"Merayakan tahun baru di pulau tropis, dengan kembang api dan menikmati pemandangan pantai, terdengar seru bukan?"
Samoa adalah sebuah negara kepulauan di Samudera Pasifik yang jaraknya tidak jauh dari Australia dan Selandia Baru. Negara yang masuk kedalam lingkup kawasan Oceania ini terkenal dengan keindahan pantai tropisnya yang memukau dan sering menjadi destinasi liburan. Wilayah lain yakni Kiribati-Christmas Island dan Kiritimati juga berbagi posisi dengan Samoa sebagai daerah pertama yang mencapai tahun baru 2014.

2.)  TRAGEDI DI PERAYAAN TAHUN BARU AUSTRALIA 2014

"Dibalik semua gemerlap itu, tersimpan cerita pilu..."
Malam pergantian tahun rupanya meninggalkan kisah pilu di Australia. Salah satunya adalah tewasnya laki-laki berumur 20 tahun bernama James Dorloff di Wedge Island, yang terletak 160 kilometer dari Perth. Dorloff tewas karena luka parah di lehernya. Saat ini, seorang pria 23 tahun telah ditangkap dan dijatuhi tuduhan pembunuhan. Selain itu, dua orang lain juga terluka dalam kejadian tersebut. Diperkirakan, sekitar 90 orang terlibat dalam perkelahian yang menewaskan Dorloff di tengah pesta tahun baru di pantai yang didatangi sekitar 300 orang.

Sementara itu, di Sydney, seorang pemuda berusia 18 tahun bernama Daniel Christie, menjadi korban pemukulan. Akibat serangan tersebut, Christie dibawa dalam keadaan kritis ke rumah sakit. Yang dituduh sebagai pelaku serangan ini adalah Shaun McNeil, berusia 25 tahun, yang mengaku ahli ilmu bela diri campuran (mixed martial arts). Di pantai Fraser Coast, Queensland, kepolisian melaporkan bahwa seorang anak laki-laki berusia 16 tahun ditusuk oleh beberapa laki-laki lain di sebuah pesta tahun baru. Pengaruh alkohol juga membuat terjadinya sejumlah insiden. Salah satunya seorang pemuda 18 tahun yang menembakkan pistolnya dalam keadaan mabuk. 

Hewan pun rupanya juga menjadi korban dalam perayaan tahun baru tersebut. 40 ekor kelinci mati diinjak-injak oleh oknum tak diketahui di sebuah properti di daerah Garfield, yang terletak di sebelah tenggara Melbourne. Kelinci-kelinci tersebut dikembangbiakkan untuk tujuan komersil. Menurut para petugas, pemilik properti terkejut saat menemukan kelinci-kelinci mati tersebut pada dini hari tahun baru. Sedangkan di daerah The Basin, ditemukan badan kucing yang dipenggal dan dibuang di halaman depan sebuah properti.

"Apa salah kami, manusia?!"

3.)  DUBAI MENJADI PEMECAH REKOR KEMBANG API

"Ini baru pesta kembang api!"

Perayaan tahun baru pasti belum lengkap tanpa pesta kembang api. Dan Dubai jelas melakukannya secara jauh lebih ambisius dibanding negara lainnya. Lebih dari 500.000 kembang api dinyalakan tanpa henti selama sekitar 6 menit. Guiness World Record mencatatnya sebagai atraksi kembang api terbesar sepanjang sejarah.

Kembang api di Dubai

Untuk melakukannya Dubai bekerja sama dengan perusahaan Amerika Grucci, dengan menggunakan 100 komputer dan 200 teknisi. Atraksi yang difokuskan di menara Burj Khalifa dan Hotel Atlantis, ini memakan biaya sekitar 6 juta dollar A.S (sekitar Rp 73 Miliar). Rekor kembang api sebelumnya dipegang oleh Kuwait yang pada tahun 2011 menampilkan lebih dari 77.000 kembang api.

4.)  HABIS PERAYAAN TERBITLAH SAMPAH

"Kiri kanan, ku-lihat sampah, sampah dimana-mana"
Kisah klasik yang sepertinya tidak pernah berubah dari tahun ke tahun, selalu saja ada sampah yang menumpuk pasca perayaan tahun baru. Tampaknya masyarakat Indonesia tidak pernah belajar dari pengalaman tahun lalu. Ribuan ton sampah dihasilkan sebagai "efek samping" perayaan besar-besaran mereka di malam tahun baru 2014.

"Lu yang enak-enak pesta, malah gue yang repot beresin sampah lu. Nasib, nasib"
Jakarta sendiri menghasilkan sekitar 5.383 ton sampah, Jogja sekitar 250 ton, Bandung 20 ton, dan daerah-daerah lain juga menghasilkan sampah dalam jumlah banyak setelah pesta tahun baru usai. Entah solusi apa lagi yang harus dipikirkan oleh Jokowi cs agar sampah tidak sampai harus menumpuk tiap perayaan tahun baru. Mungkin penambahan tempat sampah atau denda buat yang membuang sampah sembarangan? Tetapi rasanya itu sulit dilaksanakan, selama mind-set masyarakat yang tidak bertanggung jawab tidak berubah. Mungkin Jakarta mau memecahkan Guiness World Record juga seperti Dubai, dalam hal...Ehem penghasil sampah tahun baru paling produktif :P... Semoga tidak.


 5.)  TRADISI TAHUN BARU YANG UNIK DI BERBAGAI NEGARA

Amerika Serikat
Sejak 100 tahun lalu A.S memiliki tradisi menurunkan sebuah bola raksasa yang disebut Big Apple (Apel Besar). Tradisi ini biasanya dilakukan di Times Square. Bola besar ini dihias dengan lampu-lampu sehingga bisa dilihat dari jarak jauh. Bola besar dengan diameter 182,8 cm dengan berat 485,34 kg yang terbuat dari Waterfold Crystal akan diturunkan pada pukul 23.59 dan akan berada di bawah tepat pada pukul 00.00 saat bergantinya tahun yang baru.
 
Ekuador
Ekuador memiliki beberapa tradisi unik menyambut datangnya tahun baru. Pertama adalah tradisi membuat semacam patung atau boneka dari orang yang paling mereka benci untuk kemudian dibakar pada malam tahun baru. Bukan, ini bukan boneka voodoo. Maksudnya adalah hal ini sebagai perlambang tahun lama yang telah lewat dan sebagai saat dimana mereka harus memaafkan kesalahan terdahulu orang tersebut. Tradisi unik lainnya berupa tradisi "janda menangis", dimana pria memakai pakaian wanita (bukan, bukan untuk jadi waria dadakan), dan kemudia disuruh membuat tertawa orang-orang dengan berpura-pura menangis.
Filipina
Orang-orang Filipina pada malam pergantian tahun baru, mereka akan mengenakan pakaian dengan motif berbentuk bulat. Merekan percaya dengan memakai pakaian bermotif bulat akan membawa keberuntungan dan banyak uang di tahun yang akan datang. Selain itu orang-orang Filipina pada malam tahun baru, mereka akan berputar putar didalam rumah dengan membawa panci tertutup yang berisi uang logam  dan akan menghidangkan makanan yang berbentuk bulat. Tradisi ini dipercaya akan membawa keberuntungan, yang tak henti-henti sama seperti bentuk bulat yang tidak memiliki ujung pangkal.
 
Negara Lainnya
Di Brazil dan Bolivia, masyarakat dibeberapa kota seperti Sao Paulo dan La Paz merayakan tahun baru dengan mengenakan celana pendek berwarna warni , mereka yang memakai warna merah mengharapkan tahun-tahun ke depannya akan lebih sukses, dan mereka yang memakai warna kuning mereka mengharapkan dapat rejeki yang lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Di Belarus. perayaan tahun baru dilaksanakan sambil melakukan sebuah permainan untuk para wanita yang belum menikah . Permainan ini berupa semacam games keterampilan dan para wanita berkesempatan untuk memilih siapa yang akan menjadi tunangan di bulan berikutnya, salah satu game nya yaitu memegang beberapa biji jagung dan membakarnya dan siapa siapa cowok yang mengambil jagungnya itu itulah yang akan menjadi calon suaminya.
 
Di Skotlandia malam perayaan pergantian tahun baru disebut dengan Hogmanay. Di Skotlandia bergantinya tahun baru ditandai dengan tembakan meriam yang ditembakkan dari istana Edinburgh yang kemudian disambut dengan pesta kembang api.

Akhir kata, saya kembali mengucapkan selamat tahun baru 2014!! Semoga artikel ini dapat menambah wawasan anda dan semoga tahun ini menjadi tahun yang lebih baik dari sebelumnya bagi kita semua! Selamat menjalani 2014, semuanya!

No comments: